Daun Sirih

Jika mendengar kata daun sirih, pasti yang terlintas dalam pikiran Anda adalah daun yang sering dikunyah oleh orang-orang tua. Lalu, apakah benar bahwa daun sirih hijau dan daun sirih merah bermanfaat untuk kesehatan gigi? Apa lagi manfaat daun sirih lainnya untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui?

Apa saja kandungan daun sirih?

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Selain itu, kandungan daun sirih lainnya adalah:

  • Protein: 3 persen per 100 gram
  • Iodin: 3,4 mcg per 100 gram
  • Sodium: 1,1-4,6% per 100 gram
  • Vitamin A: 1,9-2,9 mg per 100 gram
  • Vitamin B1: 13-70 mcg per 100 gram
  • Vitamin B2: 1,9-30 mcg per 100 gram
  • Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg per 100 gram

Manfaat daun sirih hijau bagi kesehatan

Berikut adalah segenap manfaat daun sirih bagi kesehatan:

1. Menurunkan gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Seperti yang telah disebutkan di atas, daun sirih mengandung tinggi antioksidan. Dalam tubuh, antioksidan eugenol yang bekerja melawan radikal bebas pemicu stres oksidatif penyebab berbagai penyakit kronis. Salah satu manfaat daun sirih yang terkait hal ini adalah menurunkan kadar tigliserida dan kolesterol LDL, lemak jahat dalam tubuh. Daun sirih juga diketahui dapat membantu mengurangi jumlah lemak total dalam darah.

3. Penangkal kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

4. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat daun sirih lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Hal ini masih dikaitkan dengan kandungan antioksidannya. Seseorang yang mengalami luka bakar juga mengalami stres oksidatif yang cukup tinggi dalam tubuhnya. Stres oksidatif akan menghambat proses penyembuhan luka.

5. Membantu menurunkan depresi

Beberapa riset menunjukkan bahwa daun sirih bisa membantu mengendalikan gejala depresi pada orang-orang yang memilikinya. Salah satu penelitian melaporkan, mengunyah dauh sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak. 

6. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang rentan akan pertumbuhan bakteri dari apa yang Anda makan. Mengunyah daunnya dan/atau berkumur dengan air rebusan daun sirih telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut. Tidak hanya itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri.

7. Menjaga saluran pencernaan

Daun sirih hijau dan daun sirih merah diketahui dapat membantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna. Produksi lendir akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang dapat terjadi karena berbagai hal.

Daun sirih sangat efektif dalam mengurangi nyeri lambung dan meredakan gejala GERD dan melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya. Manfaat daun sirih lainnya terhadap kesehatan saluran cerna adalah menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.

8. Meningkatkan energi

Mengunyah daun sirih dan biji pinang khususnya diketahui dapat meningkatkan energi. Ini karena biji pinang mengandung berbagai zat aktif yang bekerja mirip dengan nikotinalkohol, dankafein untuk merangsang tubuh memproduksi hormon adrenalin. Peningkatan hormon adrenalin membuat Anda jadi lebih fikus dan waspada serta lebih berenergi.

9. Mengobati mimisan

Anda pasti sudah sangat akrab dengan manfaat daun sirih yang satu ini sejak kecil dulu. Cara kerja daun sirih menyembuhkan mimisan mirip dengan bagaimana daun ini menyembuhkan luka bakar.

Antioksidan tannin dalam sirih mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka, dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung.

10. Obat radang prostat

Daun sirih merah, khususnya, bisa Anda jadikan alternatif untuk mengobati masalah peradangan prostat. Daun sirih merah mengandung antioksidan tanin dan saponin, serta zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti biasa.

Apa benar ada manfaat daun sirih untuk kewanitaaan?

Banyak produk pembersih yang mengiklankan manfaat daun sirih untuk kewanitaan. Namun begitu, vagina sebenarnya tidak perlu dibersihkan dengan sabun kewanitaan, vaginal douche, atau dibasuh dengan air rebusan daun sirih alami. Pasalnya, vagina Anda sudah memiliki sistem pembersih otomatisnya sendiri.

Membersihkan vagina cukup dilakukan satu kali sehari dengan membilasnya pakai waslap yang dibasahi air dan sabun netral (tidak berpewangi dan tidak berbahan kimia keras), atau basuh dengan tangan Anda. angkah selanjutnya cukup dengan menjaga area kewanitaan Anda agar selalu kering dan bersih, serta pakai celana dalam yang tidak ketat, dan pastikan juga bahannya dapat menyerap keringat dengan baik.

Temukan produk kami di sini

WhatsApp WhatsApp Kami