Gatal

Menderita gatal-gatal tentunya sangat mengganggu apalagi jika rasa gatal itu muncul di saat Anda sedang beraktifitas kerja maupun berada pada momen-momen penting. Pastinya Anda akan merasa malu jika harus menggaruk-garuk terus bagian kulit yang merasa gatal.

Selain malu, menderita gatal tentunya juga sangat menyiksa karena menyebabkan Anda menjadi kurang berkonsentrasi, istirahat terganggu, dan susah tidur. Orang yang menderita gatal biasanya selalu ingin menggaruk bagian yang gatal, padahal hal ini justru dapat mengakibatkan iritasi sehingga gatal yang diderita akan bertambah parah.

Gatal dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti karena bakteri, jamur, virus, alergi, gigitan serangga, karena paparan zat kimia tertentu, atau karena faktor psikologis (depresi/stres). Gatal juga dapat disebabkan karena suatu penyakit kronis yang menyebabkan zat tertentu bertumpuk di dalam tubuh sehingga menimbulkan gatal-gatal, seperti penyakit gagal ginjal, sirosis, hepatitis, diabetes, leukemia, dan limfoma. Perubahan hormon juga dapat memicu terjadinya gatal-gatal, misalnya perubahan hormon pada wanita hamil, menopause, maupun pada gangguan hormon tiroid. Pada penyakit anemia defisiensi zat besi pun juga dapat menyebabkan penderitanya mudah mengalami gatal-gatal.

Tips-Tips untuk Mempercepat Penyembuhan Kulit Gatal

Selain menggunakan obat gatal pada kulit seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat kesembuhan gatal/iritasi yang sedang Anda derita. Tips tersebut antara lain yaitu dengan mengompres bagian kulit yang gatal menggunakan kain flanel yang dibasahi air dingin, selalu menjaga kebersihan kuku, tidak memakai pakaian dengan pakaian yang dapat menambah rasa gatal (misalnya kain wol dan kain yang ketat), dan hindari menggaruk area kulit yang gatal karena dapat menyebabkan iritasi bertambah parah.

Jagalah kebersihan kulit dengan mandi secara teratur menggunakan sabun dan air bersih, mengoleskan losion setelah mandi untuk menjaga kelembaban kulit, selalu cuci tangan setelah beraktifitas, dan menggunakan sprei dari bahan yang lembut (tidak panas).

Berhati-hatilah pada makanan yang mungkin saja menimbulkan reaksi alergi pada kulit Anda, misalnya alergi udang, telur, kerang, jenis susu tertentu, dan sebagainya. Selain makanan, Anda juga harus mewaspadai zat atau benda yang juga dapat memicu timbulnya alergi sehingga menyebabkan gatal-gatal pada kulit, antara lain yaitu obat-obatan jenis tertentu (misalnya jenis antibiotik dan aspirin), kosmetik, sabun, biang keringat, debu, kain wool, karet, maupun jenis tanaman atau hewan tertentu.

Anda sebaiknya juga mengelola psikis/pikiran dengan baik, karena timbulnya gatal juga dapat dipicu karena stres. Jika gatal-gatal pada kulit Anda susah sembuh, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan medis yang tepat.

Temukan produk kami di sini

WhatsApp WhatsApp Kami