Cara mengatasi ejakulasi dini secara alami – Bagi seorang pria dewasa, memiliki kesehatan dan kemampuan seksual yang baik merupakan hal penting yang patut dijaga untuk keharmonisan rumah tangga. Mengalami masalah ejakulasi dini dapat menjadi momok yang memalukan sekaligus bisa membuat rasa percaya diri berkurang kepada pasangan.

Hal ini jangan sampai diabaikan sehingga bisa berdampak kepada hubungan intim Anda dan pasangan menjadi tidak harmonis. Sebab tidak sedikit pria yang mengalami hal ini sehingga banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengatasinya.

Lantas, adakah cara mengatasi ejakulasi dini pria secara alami yang mudah dan aman dilakukan? Yuk, simak secara lengkap sejumlah cara yang bisa Anda coba melalui ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Ampuh! 4 Cara agar Stamina Kuat di Ranjang untuk Pria

Mengenal Sekilas Kondisi Ejakulasi Dini Pria

Sebelum membahas mengenai cara mengatasinya, Anda perlu terlebih dahulu mengenal sekilas tentang kondisi ejakulasi dini pada pria dewasa. Melansir laman The International Society for Sexual Medicine (ISSM), bahwa ejakulasi dini atau premature ejaculation didefinisikan sebagai disfungsi seksual pria di mana ejakulasi selalu atau hampir selalu terjadi sebelum atau dalam waktu 1 menit setelah penetrasi.

Hal ini merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan ketidakmampuan pria untuk menunda ejakulasi selama aktivitas seksual sepanjang (atau hampir sepanjang) waktu yang dapat menyebabkan tekanan pribadi seperti stres, cemas, malu, hingga frustrasi dan bahkan menyebabkan penghindaran keintiman seksual dengan pasangan.

Apa Ciri-Ciri Ejakulasi Dini pada Pria?

Secara normal, seorang pria dewasa membutuhkan waktu bisa untuk ejakulasi sekitar 4-5 menit. Maka dari itu, penting bagi Anda mengetahui beberapa ciri-ciri dari kondisi ejakulasi dini. Berikut sejumlah ciri-ciri ejakulasi dini pada pria:

  • Hampir sering mengalami orgasme setelah rangsangan seksual yang minim.
  • Mengalami ejakulasi dalam waktu beberapa detik atau kurang dari 1 menit ketika beraktivitas seksual.
  • Pria akan mengalami penurunan gairah seksual.
  • Merasa frustrasi, stres, bahkan malu terhadap pasangan.
  • Kondisi ejakulasi lebih cepat sering berulang dan tidak hanya terjadi sesekali saja.

Ragam Penyebab dan Pemicu Pria Mengalami Ejakulasi Dini

Setelah mengetahui ciri-cirinya, Anda juga perlu tahu juga apa saja ragam penyebab yang bisa membuat Anda mengalami kondisi ejakulasi dini. Berikut ragam penyebab dan pemicu pria mengalami ejakulasi dini:

  • Mengalami disfungsi ereksi.
  • Kondisi psikis yang sering stres atau depresi.
  • Pernah mengalami trauma seksual atau pelecehan seksual di masa lalu.
  • Otot dasar panggul yang lemah.
  • Masalah hubungan dengan pasangan.
  • Ketidakseimbangan hormonal.
  • Ketidakseimbangan neurotransmitter di otak.
  • Infeksi atau peradangan pada prostat atau uretra.
  • Masalah tiroid.
  • Adanya masalah pada saraf karena cedera atau bekas operasi.

6 Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Secara Alami yang Mudah dan Aman

Ilustrasi Pria Mengalami Ejakulasi Dini | Gambar: Freepik.com/Jcomp

Ejakulasi dini yang terjadi memang dapat disebabkan oleh banyak hal baik dari sisi kesehatan fisik, psikis, hingga hormonal. Oleh karena itu, apabila terjadi kepada Anda sebagai pria maka perlu mencari cara yang ampuh dan alami dalam mengatasinya. Berikut sejumlah cara mengatasi ejakulasi dini secara alami:  

1. Melakukan Olahraga yang Membantu Kesehatan Reproduksi Pria

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi ejakulasi dini secara alami ialah dengan melakukan jenis olahraga yang tepat dan dapat membantu kesehatan reproduksi pria. Olahraga yang Anda lakukan secara rutin ternyata dapat membantu meningkatkan peforma seksual, termasuk tidak ejakulasi dini.

Melansir Men’s Health Clinic, ejakulasi dini dapat dicegah dan diatasi dengan memperkuat otot-otot yang terletak pada pangkal penis atau dikenal dengan otot dasar panggul sehingga bisa meningkatkan peforma seksual. Penguatan otot tersebut membantu pria mengontrol dan mengatur kontraksi sehingga pengeluaran mani dapat ditunda hingga orgasme dicapai.

Beberapa olahraga yang bisa membantu kesehatan reproduksi pria diantaranya ialah senam kegel, yoga kudalini, teknik olahraga “meremas”, berlari, jalan kaki, hingga latihan otot perut. Lakukanlah olahraga tersebut secara rutin minimal 30 menit setiap harinya.

2. Mengendalikan Ejakulasi dengan Teknik “Menahan”

Belum banyak orang tahu bahwa terdapat cara mengatasi ejakulasi dini dengan mengendalikan ejakulasi melalui teknik “menahan”. Ini merupakan salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan secara mandiri atau dengan pasangan resmi.

Untuk melakukan ini, caranya ialah saat Anda sebagai pria akan merasa akan ejakulasi, remaslah batang penis secara lembut dengan tangan atau meminta pasangan dengan tujuan untuk menahannya agar tidak terjadi ejakulasi yang cepat selama 30 detik, atau sampai rasa ingin ejakulasi itu hilang. Teknik ini bisa Anda lakukan berulang kali untuk melatih diri agar tidak mudah ejakulasi dini.  

Baca Juga: Catat! 7 Pantangan Makanan untuk Kesuburan Pria yang Bisa Berdampak Buruk!

3. Memvariasikan Posisi Bercinta yang “Cocok” agar Tidak Cepat Ejakulasi

Berbicara tentang aktivitas seksual, ternyata memvariasikan posisi bercinta yang cocok dapat menjadi salah satu cara agar Anda tidak cepat mengalami ejakulasi dini. Mencoba beragam posisi seks juga menjadi hal baik dalam menjaga hubungan intim dengan pasangan menjadi tidak membosankan atau monoton.

Melansir laman Between Us Clinic, kebanyakan pria akan lebih mudah terangsang pada posisi dimana pria berada di atas wanita dengan peran yang lebih dominan. Namun, ketika Anda berada dalam peran yang pasif, Anda bisa memperhatikan sensasi dan rangsangan yang merupakan hal penting dalam mengendalikan ejakulasi.

Beberapa jenis posisi bercinta yang cocok bagi pria untuk mempertahankan ejakulasi lebih lama diantaranya ialah posisi side by side (berdampingan), posisi cowgirl, posisi misionaris dengan twist, posisi spooning (menyendok), dan posisi both seated (keduannya duduk).

4. Mengubah Gaya Hidup dan Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Tinggi Zinc juga Magnesium

Cara mengatasi ejakulasi dini secara alami yang aman dilakukan ialah dengan mengubah gaya hidup dan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi zinc serta magnesium. Gaya hidup dapat menjadi faktor yang berdampak pada kondisi Anda mengalami ejakulasi dini seperti sering meminum alkohol, kebiasaan merokok, dan mengonsumsi makanan rendah nutrisi.

Tahukah Anda bahwa zat nutrisi seperi zinc dan magnesium memiliki peran penting bagi kesehatan seksual pria. Selain membantu meningkatkan imun tubuh Anda, zinc juga berperan dalam meningkatkan hormon testosteron yang merupakan hormon seksual pria.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan magnesium juga dapat membantu pria mempertahankan klimaks tanpa mengalami ejakulasi dini. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi zinc dan magnesium yang baik diantaranya ialah tiram, daging sapi, kedelai, bayam, kacang almond, kacang polong, buncis, hingga biji wijen.

5. Menghindari Stres dan Mencukupi Waktu Istirahat Tubuh

Selain faktor fisik, faktor lainnya seperti psikis juga bisa memberikan dampak pada terjadinya ejakulasi dini. Kondisi psikis dan pikiran yang stres dan depresi dapat membuat tubuh Anda menjadi tidak fokus dan tidak rileks ketika berhubungan seks dengan pasangan. Hal ini tentu akan mengganggu atau bahkan menurunkan peforma Anda dalam bercinta.

Melansir DKT Indonesia, bahwa stres kronis dapat membawa permasalahan kesehatan dan menyebabkan penurunan libido serta kesulitan mempertahankan ereksi pria yang bisa juga menjadi penyebab terjadinya ejakulasi dini. Oleh karena itu, Anda perlu mengelola stres secara tepat dan mencukupi waktu istirahat agar tidak mengalami permasalahan ejakulasi dini.

6. Mengonsumsi Bahan Herbal yang Bermanfaat untuk Vitalitas Pria

Cara mengatasi ejakulasi dini secara alami yang terakhir di pembahasan kali ini ialah dengan mengonsumsi bahan herbal yang bermanfaat untuk vitalitas pria. Tidak sedikit orang yang malah memilih obat-obatan tertentu untuk mengatasi masalah ejakulasi, hal tersebut bisa  jadi menjadi cara instan namun memiliki risiko bahaya kesehatan yang juga tinggi bagi tubuh.

Oleh karena itu, penggunaan bahan herbal alami dinilai menjadi cara alternatif yang jauh lebih aman dan mudah dilakukan. Beberapa bahan herbal alami yang bisa Anda olah atau konsumsi sebagai alternatif cara mengatasi ejakulasi dini diantaranya ialah gingseng, daun jintan, jahe, kunyit, sirih, seledri, pasak bumi, purwaceng, rumput tanduk kambing, hingga rujak polo.

Baca Juga: Terbukti, 5 Makanan Penambah Hormon Testosteron untuk Vitalitas dan Kesuburan Pria

Tingkatkan Vitalitas dan Jaga Kondisi Organ Reproduksi Pria untuk Anda yang Mengalami Ejakulasi Dini dengan Mengonsumsi Pasopati

Mengalami masalah kesehatan vitalitas seperti ejakulasi dini tentu merupakan hal yang dapat membuat pria menjadi merasa malu karena tidak bisa memuaskan pasangan secara maksimal. Masalah ini tentu tidak boleh Anda abaikan terutama bagi yang sudah berumah tangga karena bisa membuat ketidak harmonisan dalam hubungan intim bersama pasangan.  

Untuk mencegah dan mengatasi permasalahan tersebut, Pasopati hadir sebagai racikan herbal alami khusus pria yang dapat membantu Anda meningkatkan vitalitas dan stamina secara alami termasuk kondisi ejakulasi dini. Selain itu, Pasopati juga memiliki khasiat lain berupa memperlancar aliran darah, meningkatkan kesuburan, mengoptimalkan fungsi testis, dan menjaga kesehatan organ reproduksi pria.

Pasopati diracik dengan sejumlah kandungan herbal alami pilihan terstandar modern berupa gingseng, pasak bumi, purwaceng, rumput tanduk kambing, dan rujak polo yang mana merupakan bahan-bahan herbal untuk kesehatan pria. Dari segi keamanan, Pasopati telah terbukti aman dikonsumsi berkat kandungan berupa 100% bahan alami yang sudah terdaftar resmi di BPOM dan Halal MUI.

Itulah ulasan mengenai 6 cara mengatasi ejakulasi dini secara alami yang mudah dan aman untuk Anda coba terapkan. Untuk membeli Pasopati, Anda bisa langsung mengklik pada gambar produk atau melalui tautan link pembelian secara daring Pasopati berikut ini.

Segera beli Pasopati karena ada diskon promo bulan ini untuk membantu Anda mencegah dan mengatasi permasalahan ejakulasi dini pada pria!