Penahan nafsu makan alami – Memiliki berat badan ideal memang menjadi dambaan bagi banyak orang terutama kaum wanita. Sebab berat badan yang berlebih tentunya bisa membuat penampilan fisik menjadi terlihat gemuk dan chubby. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak wanita yang rela menjalankan diet sebagai upaya untuk menurunkan berat badan.

Meski begitu, menahan nafsu makan merupakan tantangan yang tidak mudah dan sulit dilakukan sebagai bagian dari upaya diet yang dijalani. Nafsu makan berlebih tentunya dapat membuat Anda menjadi “kalap” sehingga banyak mengonsumsi makanan dan minuman dalam porsi yang banyak atau terus menerus makan atau nyemil. Lantas, adakah penahan nafsu makan alami yang bisa Anda coba? Yuk, simak jawabannya melalui ulasan lengkap di bawah ini.

Baca Juga: Manjur! 5 Cara Agar Haid Cepat Selesai yang Mudah Dicoba Sekarang

Nafsu Makan Berlebih Bisa Menimbulkan Risiko Gangguan Kesehatan

Di zaman sekarang, berbagai jenis olahan makanan memang semakin beragam dan memiliki cita rasa yang nikmat. Terlebih dengan kemajuan teknologi membuat kita semakin mudah untuk memesan makanan secara daring atau online. Hal inilah juga menjadi bagian dari berubahnya gaya hidup masyarakat yang terkadang membuat Anda menjadi tergiur akan berbagai jenis makanan dan ingin mencobanya. 

Nafsu makan berlebih ternyata dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan yang sering tidak kita sadari. Melansir Hellosehat, secara jangka pendek dapat membuat lambung membesar melebihi ukuran normal dan menekan organ-organ lain yang membuat Anda tidak nyaman. Selain itu, nafsu makan berlebih juga membuat organ-organ menjadi bekerja lebih keras daripada kondisi normal untuk mencerna banyak makanan yang masuk ke lambung.

Organ usus dan pankreas Anda akan bereaksi dengan mengeluarkan lebih banyak enzim pencernaan dalam memproses banyak makanan berlebih. Selain itu, dinding lambung juga akan ikut bereaksi dengan menghasilkan lebih banyak asam klorida (HCl). Asam lambung tersebut dapat naik ke kerongkongan dan menyebabkan nyeri atau panas di ulu hati (heartburn). Di waktu yang sama, organ lambung juga akan banyak mengeluarkan gas sehingga perut Anda menjadi terasa penuh.

Dan setelah makan banyak atau berlebih, biasanya akan muncul efek rasa lesu dan mengantuk. Kemudian, untuk risiko gangguan kesehatan dalam jangka panjang juga bisa muncul diantaranya ialah risiko obesitas, meningkatkan risiko diabetes, risiko penyakit jantung, dan gangguan kesehatan jangka panjang lainnya.

5 Penahan Nafsu Makan Alami yang Mudah Dicoba dan Aman

Gambar 2 - Penahan nafsu makan alami
Ilustrasi Gambar Wanita Diet | Sumber: Freepik.com/Benzoix

Dengan mengetahui beragam risiko gangguan kesehatan yang bisa timbul secara jangka pendek dan jangka panjang karena nafsu makan yang berlebih sebelumnya, Anda bisa lebih waspada dan berhati-hati untuk bisa mengendalikan nafsu makan. Berikut 5 penahan nafsu makan alami yang mudah dicoba dan aman untuk diketahui:

1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat

Penahan nafsu makan alami yang pertama untuk Anda coba ialah mengonsumsi aneka makanan tinggi serat. Makanan tinggi serat memang diketahui bagus untuk pencernaan, tetapi juga dapat membantu Anda menahan nafsu makan berlebih karena dapat membuat perut terasa kenyang jauh lebih lama. Sejumlah contoh makanan tinggi serat yang bisa Anda coba ialah gandum, sayur-sayuran, buah-buahan, hingga kacang-kacangan.

2. Memperbanyak Minum Air Putih

Setiap orang pasti membutuhkan asupan air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya. Melansir Medical News Today, ketika perut sudah merasa kenyang, ia kemudian akan mengirimkan sinyal ke otak untuk berhenti makan. Meminum air putih dapat membantu mengisi ruang di perut, lalu menyebabkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar.

3. Mengonsumsi Makanan Tinggi Protein

Selain mengonsumsi makanan yang tinggi serat, Anda juga bisa mengonsumsi makanan tinggi protein untuk menekan nafsu makan berlebih. Diketahui bahwa apabila dibandingkan dengan karbohidrat, ternyata makanan tinggi protein lebih efektif untuk menghilangkan dan menuntaskan rasa lapar.

Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi makanan tinggi protein akan merasa kenyang yang lebih lama. Berikut beberapa sumber makanan tinggi protein ialah dada ayam, daging tanpa lemak, putih telur, olahan kacang kedelai, ikan seperti gabus, dan sumber lainnya.

4. Mengelola Stress dan Cukup Istirahat

Kondisi stres juga dan kurang istirahat juga dapat menimbulkan kebiasaan nafsu makan berlebih. Ada pendapat yang mengatakan kalau stres bikin orang menjadi banyak makan. Tentunya Anda pernah dengar, bukan? Ya, hal tersebut ternyata merupakan fakta yang bisa terjadi. Melansir  American Psychological Association, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan hubungan stres dan makanan.

Dijelaskan bahwa orang cenderung mencari makanan berkalori dan berlemak tinggi selama mengalami periode stres. Hal ini menunjukkan bahwa stres ternyata dapat mempengaruhi kebiasaan makan Anda. Banyak orang dewasa yang melaporkan termasuk dalam perilaku makan berlebih sebagai akibat dari stres yang dialami. Untuk itu, Anda perlu mengelola stres dan mencukupi waktu istirahat secara baik agar hal tersebut tidak terjadi.

5. Meminum Kopi Hitam

Penahan nafsu makan alami yang terakhir untuk Anda coba ialah dengan meminum kopi hitam. Jenis minuman satu ini merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia setelah teh dan susu. Di Indonesia sendiri kopi menjadi minuman yang banyak digemari dan disukai baik kopi hitam atau kopi susu. Untuk Anda ketahui, ternyata meminum kopi dapat menjadi cara untuk menahan nafsu makan.

Melansir Healthline, kopi telah terbukti dapat menurunkan nafsu makan, menunda pengosongan perut, dan memengaruhi hormon nafsu makan. Semua itu dapat membantu Anda untuk menahan nafsu makan secara alami. Kafein juga telah terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Obat Penahan Nafsu Makan yang Sekaligus Membantu Menurunkan Berat Badan dari Slimayu

Dalam menjalankan diet, menahan nafsu makan memang merupakan tantangan yang sulit untuk dijalankan. Beragam jenis makanan dan minuman di zaman modern sekarang tentunya sangat menggoda dan mudah di dapatkan. Hal ini menjadi kendala bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya terutama para kaum wanita.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk bisa menahan atau mengontrol nafsu makan supaya tidak berlebih. Sebab bukan hanya dapat menyebabkan berat badan menjadi naik dan kegemukan saja. Nafsu makan yang berlebih juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan baik secara jangka pendek dan jangka panjang.

Nah, untuk itu Slimayu hadir sebagai ramuan herbal alami untuk melangsingkan tubuh sekaligus menahan nafsu makan menjadi berkurang. Slimayu bekerja dengan cara membakar lemak dan menekan nafsu makan berlebih serta dapat menjadi detox alami (mengeluarkan racun di tubuh).

Itulah ulasan mengenai 5 penahan nafsu makan alami yang mudah dicoba dan aman diketahui. Untuk membeli dan memperoleh Silmayu, Anda bisa klik pada gambar produk atau melalui tautan link pembelian berikut ini.

Leave a Comment